Teropong Kesuksesan - Expresiku
Event

Teropong Kesuksesan

teropong kesuksesan

Makassar—SECRET 2016 telah berhasil mengumpulkan ribuan semangat dari peserta-pesertanya. Hal ini membuat kami tertarik untuk menggali lebih dalam persiapan dan kebiasaan para peserta sebelum bertanding. Hari ini merupakan hari ketiga Smapoel Red Cross Competition. Panas matahari hari ini cukup membakar kulit. Bukan tidak mungkin orang-orang lebih memilih untuk mencari tempat berteduh atau bersantai sambil meminum minuman dingin. Lain halnya dengan PMR SMAN 6 Makassar. Di bawah terik matahari, hampir semua peserta lomba berkumpul di depan tenda untuk berdoa bersama demi melepas anggota mereka yang akan bertanding. Ialah tim cerdas cermat, jurnalis, koki muda dan tandu darurat.

“SECRET tahun ini kurang lebih merupakan kali keempat kami mengikutinya. Kami sempat memegang piala bergilir selama dua tahun namun lepas pada tahun ketiga. Alhamdulillah, tahun 2015 kemarin, kami kembali memegang piala bergilir juara umum”, tutur Dayat yang merupakan peserta lomba PBT dan Akustik dari SMAN 6 Makassar. “Sebenarnya juara umum bukan merupakan tujuan utama kami turun lomba, namun karena juara umum merupakan gelar yang perlu dipertahankan, tentu persiapan kami tahun ini lebih intensif dibanding tahun lalu. Saya pribadi lebih banyak berdoa dan berusaha”, Ujarnya saat ditanya bagaimana persiapan SMAN 6 Makassar dalam bertanding di SECRET 2016. “Saya juga tidak lupa untuk mandi dan memakai parfum sebelum bertanding, hahaha”, lanjutnya lagi sambil tertawa.

Tak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya SMAN 6 Makassar yang bersemangat untuk mempersembahkan yang terbaik bagi nama baik sekolahnya dalam ajang SECRET 2016 ini. SMAN 17 misalnya. Meski tidak mampu mempertahankan juara umum yang mereka dapat pada tahun 2014 dan harus tabah menerima posisi juara umum kedua SECRET 2015, mereka tetap bersemangat dan berusaha untuk mempersembahkan usaha terbaik mereka. “Kami sudah mengikuti ajang SECRET selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2014. Tahun lalu kami memperoleh poin pada beberapa lomba yaitu jurnalistik, koki muda, debat serta dara-daeng.”, pungkas Balya, ketua umum PMR SMAN 17 Makassar yang ketika kami sambangi sedang memainkan gitarnya. “Untuk SECRET tahun ini, kami lebih memperbanyak berdoa dan belajar. Kami juga sempat menuju ke panti asuhan” Lanjutnya lagi diiringi senyum ramah miliknya.

Berbeda dengan peserta dari SMAN 6 Makassar dan SMAN 17 Makassar yang lebih memfokuskan pada persiapan latihan, Mifta yang merupakan peserta cerdas cermat dari SMAN 1 Baraka memiliki kebiasaan yang unik setiap akan mengikuti lomba. “Selain meminta doa ke orang tua, saya biasanya menulis satu tujuan saya di sebuah kertas dan akan saya simpan sampai pertandingan saya selesai”, ujarnya ramah sambil tersenyum manis ala gadis Enrekang.

Beda Wira beda Madya. PMR SMPN 12 Makassar selaku juara umum Madya SECRET 2015 mengaku anggotanya bersemangat untuk mempertahankan gelar juara umum mereka tahun ini. “Sebenarnya tidak ada sesuatu yang khusus, namun kami terus berdoa dan memaksimalkan proses latihan kami. Kami juga melakukan pelepasan khusus dengan pembina dan anggota-anggota PMR di sekolah” ujar Sri, selaku alumni PMR SMPN 12 Makassar, “Harapan kami, semoga kami dapat mempertahankan hingga piala bergilir bisa menjadi piala tetap.” Lanjut Sri dengan senyum malu-malu.

Sekali lagi, tiap sekolah memiliki format teropong yang berbeda. Mereka masing-masing mendefinisikan pandangan mereka terhadap kesuksesan masing-masing. Mempersembahkan yang terbaik bagi nama baik sekolah. Apapun jenis teropongnya, yang dapat kami pantau, mereka selalu menyelipkan doa sebelum memulai lomba, percaya bahwa kekuatan yang Maha Kuasa adalah yang terbaik. Sebab karena doa tersebut walaupun lomba ini kelak akan berakhir,pengalaman yang mereka dapatkan tidak sampai disitu saja. Ibarat teropong, yang jauh terlihat dekat. Kesuksesan kita semua juga semakin dekat. Tetap semangat peserta SECRET 2016, kita semua adalah pemenang.(SMAN 5 Makassar)

Penulis : Sri Annisa Sahuri, Andi Nurul Annisa Yudha

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top