“Spirit of Tomanurung” Dipentaskan di Jawa Timur – Expresiku
Karya

“Spirit of Tomanurung” Dipentaskan di Jawa Timur

EXPRESIKU — Pertunjukan Teater Tari “Spirit of Tomanurung” akan dipentaskan oleh Teater Kita Makassar pada acara “Jatim Art Forum Festival” Dewan Kesenian Jawa Timur 28 Oktober 2017 pada pukul 20.30 Wita.

Sutradara Asia Ramli Prapanca mengatakan, pada Jatim Art Forum Festival ada 12 orang dari Makassar. Selain itu, ada tambahan pemain di Surabaya. “Saya tambah dengan pemain dari Surabaya sembilan orang,” ujarnya.

Pertunjukan itu mengisahkan tentang spirit Tomanurung yang membawa nilai-nilai utama Bugis – Makassar.

Tomanurung adalah tokoh suci yang turun dari langit ke bumi. Ia mengajarkan kepada manusia tentang nilai-nilai utama kemanusiaa serta fungsi-fungsinya di dalam perikehidupan.

Di era sekarang, nilai-nilai dan fungsi tersebut mulai tercerabut karena berbagai konflik dan kepentingan. Pertunjukan ini menggambarkan hal tersebut melalui peristiwa teater, tari, musik, dan multi media.

Di akhir pertunjukan yang dimainkan oleh 12 aktor, penari dari Teater Kita Makassar dan Mahadiswa Tari Murni dan Sendratasik FSD UNM, serta didukung oleh 7 siswa seni teater SMKN 12 Surabaya dan Slamet dari Teater Api Surabaya serta Maimura dari Teater Ragil.

Pertunjukan yang disutradarai oleh Asia Ramli Prapanca ini menyulam kehidupan yang harmonis dan humanis yang berakar pada nilai-nilai utama Bugis-Makassar untuk kehidupan yang universal. (ham)

 

PALING POPULER

To Top