Semarak Jambore Rotary International Distrik 3420 di Malino – Expresiku
Community

Semarak Jambore Rotary International Distrik 3420 di Malino

Jambore Rotary International Distrik 3420 di Malino, Gowa

EXPRESIKU — Rotary Internasional Club Distrik 3420 mengadakan jambore di Kampung Tanetea, Kelurahan Buluttana, Malino, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Jambore tersebut berlangsung selama 27-29 Oktober 2017. Saat pembukaan jambore, turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pariwisata Prov Sulsel, Andi Musahar, yang mewakili Gubernur Sulsel. Juga hadir Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni, mewakili bupati, didampingi oleh Camat Tinggi Moncong dan Lurah Buluttana.

Ketua Panitia Jambore, H Razak Djalle, mengatakan bahwa ini adalah jambore pertama di Indonesia bahkan di dunia yang dilaksanakan oleh Rotary club. Seperti mimpi, katanya, ide ini muncul setahun yang lalu saat pertemuan Rotary Club di Surabaya. “Dan, alhamdulillah, saat ini ide itu bisa terwujud,” ucap H Razak.

Gubernur Rotary D 3420, Hermanto, saat memberikan sambutannya juga sangat bangga atas pencapaian ini. “Jambore ini benar-benar menyatukan para Rotarian dengan masyarakat pedesaan dan alam,” tuturnya.

Tujuan Jambore Rotary ini adalah untuk mendekatkan atau membawa langsung para Rotarian kepada masyarakat, sehingga para Rotarian dapat langsung merasakan bagaimana kehidupan masyarakat pedesaan.

Jambore ini diikuti sekitar 250 peserta Rotarian yang berasal dari seluruh Indonesia, dan turut ikut dalam hajatan ini dari Rotarian Malaysia, Amerika Serikat, Prancis, Belgia, Denmark, Jerman, Brazil, Belanda dan Mexico.

Terlihat ketika pembukaan, tari tarian dilakukan oleh beberapa perwakilan dari luar negeri. Antusiasme mereka untuk menarikan tarian itu sangat tinggi.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Jambore ini adalah pemeriksaan kesehatan (Mata & THT) secara cuma-cuma, melakukan pelatihan kewirausahaan dan kemasan produk UMK, melakukan penanaman bibit tanaman alpukat yang diharapkan daerah ini nantinya akan menjadi sentra produksi buah Alpukat, memperkenalkan kota Malino sebagai salah satu tujuan wisata dan tempat peristirahatan yang nyaman, merintis kelurahan
Buluttana menjadi kampung wisata.

Rotari club juga membangun 36 unit toilet/wc untuk penduduk dengan harapan kampung ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata karena telah ditunjang dengan sarana akomodasi untuk homestay sehingga wisatawan nantinya sdh dpt menyewa rumah-rumah penduduk karena telah dilengkapi dengan toilet yang standar penginapan lainnya.

Seluruh kegiatan Jambore Rotary ini dipusatkan di Villa Malino, Bulutana, Malino.

“Kami sangat bangga event ini bisa dipusatkan di tempat kami, semalam masyarakat dari seluruh kota Malino, tumpah ruah menghadiri acara pembukaan,” tutur owner Villa Malino, Isma Azis Riu.

Semoga dengan adanya berbagai kegiatan yang di lakukan oleh Rotary Club, bisa lebih membuat Malino lebih berkembang dan dikenal di mancanegara dan menjadi tujuan wisata. (*/fajar)

 

PALING POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!