Komunitas ReadPublik Genjot Budaya Literasi Lewat “Jumatan Baca” – Expresiku
Community

Komunitas ReadPublik Genjot Budaya Literasi Lewat “Jumatan Baca”

Sejumlah mahasiswa Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik, UIN Alauddin Makassar berpartisipasi dalam "Jumatan Baca" yang digelar Komunitas ReadPublik. (FOTO: AAS MAHARI/FAJAR)

EXPRESIKU — Komunitas ReadPublik sebagai gerakan literasi yang berbasis komunitas yang dipelopori mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar “Jumatan Baca”.

Kegiatan rutin setiap pekan ini digelar di lobi Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik.

Jumatan Baca menyediakan buku dengan beragam tema, di antaranya agama, filsafat, sastra, sosial, dan politik.

Pendiri Komunitas ReadPublik, Andi Alfian mengatakan, Jumatan Baca diharapkan meningkatkan minat baca generasi bangsa khususnya penghuni Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar.

“Selama ini budaya membaca mahasiswa tenggelam dalam tradisi modernitas dan lupa pada perintah paling sakral dari agama yakni membaca. Maka dari itu, kami mengadakan kegiatan ini setiap hari Jumat,” ujar mahasiswa semester tiga jurusan Aqidah dan Filsafat, UIN Alauddin ini, Jumat (6/10/2017).

Komunitas ini juga digerakkan oleh beberapa pegiat literasi di luar Pulau Sulawesi dan memiliki taman baca online “readpublik.com” sebagai media pertemuan penggerak komunitas.

Selain Jumatan Baca di Lobi, Komunitas ReadPublik juga memiliki berbagai program seperti, perpustakaan alam, bincang filsuf (Bisu) beroperasi di bidang pengkajian tokoh-tokoh pemikir di dunia, dan belajar menulis sastra kepada anak sekolah dasar (tunas).

Salah satu anggota ReadPublik, Ma’ruf Nurhalis berharap, Jumatan Baca dapat memicu semangat dialog kalangan mahasiswa untuk bisa lebih lurus dalam berpikir. (rz1)

 

PALING POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!