Citizen

Jalan Lisa Di HPSN 2016

MAKASSAR- Tragedi longsornya tumpukan sampah di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 silam menjadi alasan dicanangkannya hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Bersamaan peringatan tersebut, HiLo Green Community Makassar bersama komunitas hijau lainnya di Makassar turut andil dalam berpartisipasi melakukan sejumlah kegiatan.

Tercatat beberapa komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, diantaranya ; Earth Hour Makassar, Makassar Berkebun, Sobat Bumi, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi), Trees Life, Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia, Duta Pajak Daerah Sulsel, Dara Daeng Kota Makassar dan masih banyak komunitas lainnya. Kegiatan kolaborasi bersama di hari peduli sampah 2016 ini dilaksanakan di CFD Anjungan Pantai Losari Makassar pukul 08.00 WITA.

Aksi yang dilakukan berupa Jalan Lisa (Lihat Sampah Ambil) merupakan salah satu program lingkungan pemerintah kota Makassar. Jalan Lisa sendiri dilaksanakan di sepanjang Jl. Penghibur dan Jl. Somba Opu kota Makassar sambil memungut sampah dan meneriakkan kampanye guna mengajak masyarakat untuk mendukung program Indonesia Bebas Sampah 2020.

Sejatinya dalam kegiatan tersebut, sampah plastik menjadi pusat perhatian dari seluruh komunitas. Dimana terdapat beberapa fakta mengejutkan tentang sampah plastik. Menurut hasil penelitian Journal Science yang terbit pada hari Jumat, 13 Februari 2015 silam, menyebutkan bahwa setiap tahun lautan di seluruh dunia dipenuhi sampah plastik hingga 12,7 juta ton dan Indonesia masuk dalam urutan kedua dari 20 daftar negara penyumbang sampah plastik di laut.

Nah, dalam kegiatan ini diharapkan agar seluruh lapisan  masyarakat turut berpartisipasi dalam mendukung gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020, seperti yang diungkapkan oleh Pak Syarif salah satu pengunjung CFD losari. “Marilah kita bersama-sama membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program yang telah ditawarkan, kalau bukan kita siapa lagi?” ungkapnya kepada HGC Makassar.(reza/HGCMKS)

 

590 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PALING POPULER

To Top