Goa Kutukan ala Cerita Rakyat – Expresiku
Edukasi

Goa Kutukan ala Cerita Rakyat

BONE — Potensi pariwisata di Kabupaten Bone sangat besar. Salah satunya, Goa Mampu yang terletak di Kecamatan Dua Boccoe.

Berdasarkan informasi, di dalam goa ini ditemukan pelbagai barang bersejarah yang terbuat dari batu. Seiring itu pula, melekat cerita rakyat yang melegenda dan menyebutnya sebagai Goa Kutukan.

Pengelola Goa Mampu, Ansar mengatakan, alasan Goa Mampu disebut Goa Kutukan dikarenakan dulunya ada cerita misteri kutukan bahwa ada seorang putri raja yang tengah menenun.

“Diceritakan bahwa putri raja tersebut anak sholehah. Kerjanya hanya menenun. Hingga suatu ketika alat tenunnya jatuh. Dia kemudian berjanji bahwa apabila seorang perempuan yang menolongnya maka akan dijadikan saudari. Sedangkan apabila cowok akan dijadikan suami,” jelas Ansar.

“Namun sayang, ternyata anjing yang menolong. Nama anjingnya Labolong. Kemudian anjing itu menagih janji untuk menikah. Tetapi sang putri tidak mau. Dengan alasan mengapa manusia menikahi anjing? Mengetahui putri tidak mau, anjing itu mengutuk putri menjadi batu,” sambungnya. (mrs)

loading...

PALING POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!