Hacked by TryDee http://expresiku.fajar.co.id Hacked by TryDee Tue, 31 Oct 2017 11:26:26 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.3 Universitas Hasanuddin Melantik 38 Pejabat Baru http://expresiku.fajar.co.id/universitas-hasanuddin-melantik-38-pejabat-baru/ Tue, 31 Oct 2017 11:26:26 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3876 EXPRESIKU — Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Palubuhu, MA melantik 38 pejabat baru di lingkungan Universitas Hasanuddin, Selasa (31/10/17). Acara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktur, penerimaan jabatan profesor, dan penerimaan dosen lulusan program doktor berlangsung di Lantai I Gedung Rektorat Unhas, sejak pukul 14.00 WITA. Total dilantik 38 orang pejabat baru, termasuk […]

Posting Universitas Hasanuddin Melantik 38 Pejabat Baru ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Palubuhu, MA melantik 38 pejabat baru di lingkungan Universitas Hasanuddin, Selasa (31/10/17).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktur, penerimaan jabatan profesor, dan penerimaan dosen lulusan program doktor berlangsung di Lantai I Gedung Rektorat Unhas, sejak pukul 14.00 WITA.

Total dilantik 38 orang pejabat baru, termasuk 3 orang Dekan Fakultas, yaitu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikananan, dan Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan.

Selain itu, dilangsungkan penerimaan jabatan guru besar secara resmi terhadap 10 orang Guru Besar yang telah diterbitkan Surat Keputusannya oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sementara itu, terdapat sebanyak 12 orang dosen yang diterima kembali setelah selesai merampungkan studi S3 dan memperoleh gelar doktor.

Acara diawali dengan pengambilan sumpah yang diikuti dengan pembacaan ikrar untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas. Pelantikan pejabat ini dihadiri oleh para wakil rektor.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas menyampaikan apresiasi kepada pejabat lama yang telah memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi pengembangan Unhas. Harapannya, prestasi dan capaian tersebut dapat menjadi motivasi bagi pejabat baru untuk bekerja dan berkarya bagi kemajuan Unhas.

Khusus untuk guru besar yang baru, Rektor Unhas menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan menambah jumlah guru besar.

“Tahun ini, kita adalah perguruan tinggi yang terbanyak menghasilkan guru besar dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kita dapat menghasilkan 18 guru besar baru,” kata Prof. Dwia.

Capaian ini merupakan hasil jerih payah dari unit-unit terkait, khususnya Sekretaris Universitas yang telah membangun sistem dan menata mekanisme pengajuan guru besar ke Kemenristekdikti. (humas unhas)

 

Posting Universitas Hasanuddin Melantik 38 Pejabat Baru ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Capai 95,8 Juta Pelanggan, IM3 Ooredoo Tambah Bonus Kouta http://expresiku.fajar.co.id/capai-958-juta-pelanggan-im3-ooredoo-tambah-bonus-kouta/ Tue, 31 Oct 2017 11:03:37 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3873 EXPRESIKU — Demi kebutuhan pelanggan akan layanan internet yang dapat diandalkan, Indosat Ooredoo menghadirkan produk serta layanan yang inovatif melalui IM3 Ooredoo. Manfaat yang coba diberikan Indosat Ooredoo pada terobosan terbaru kali ini, yaitu memberi kebebasan bagi pelanggan dengan menambah bonus kouta internet hingga 20GB di semua jaringan. “Kami menepati janji dengan menjadi operator yang […]

Posting Capai 95,8 Juta Pelanggan, IM3 Ooredoo Tambah Bonus Kouta ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Demi kebutuhan pelanggan akan layanan internet yang dapat diandalkan, Indosat Ooredoo menghadirkan produk serta layanan yang inovatif melalui IM3 Ooredoo.

Manfaat yang coba diberikan Indosat Ooredoo pada terobosan terbaru kali ini, yaitu memberi kebebasan bagi pelanggan dengan menambah bonus kouta internet hingga 20GB di semua jaringan.

“Kami menepati janji dengan menjadi operator yang memberikan kebebasan komunikasi lebih baik bagi para pelanggan,” ujar Head of Sales Sumapa Indosat Ooredoo, Suzanna Permata, saat Workshop Digital Transformation di hotel Clarion Makassar, Selasa (31/10/17).

“Selain kebebasan nelpon dengan tarif Rp 1 per detik ke semua operator, kami juga meningkatkan bonus kouta internet hingga 20GB untuk menikmati internet lebih seru,” tambahnya.

Hingga saat ini, tambahnya, jumlah pelanggan Indosat Ooredoo mengalami peningkatan yang cukup baik, sekitar 95,8 juta pelanggan.

“Kalau ditanya soal pelanggan, hingga saat ini pelanggan kami mencapai 95,8 juta dan mudah-mudahan bisa naik lagi hingga 100 juta pelanggan,” harapnya. (sul/fajar)

 

Posting Capai 95,8 Juta Pelanggan, IM3 Ooredoo Tambah Bonus Kouta ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Kopertis Dukung STIP Wuna Jadi Universitas http://expresiku.fajar.co.id/kopertis-dukung-stip-wuna-jadi-universitas/ Tue, 31 Oct 2017 10:57:36 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3870 EXPRESIKU — Kopertis Wilayah IX Sulawesi mendukung keinginan masyarakat dan Pemda Raha mengubah status STIP Wuna Raha jadi universitas. Bentuk dukungan itu ditendai rekomendasi yang langsung diteruskan ke Direktorat Pengembangan Kelembagaan. Hal itu diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Ir Andi Niartiningsih, MP pada Wisuda Sarjana XI bagi 121 alumni STIP Wuna Raha […]

Posting Kopertis Dukung STIP Wuna Jadi Universitas ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Kopertis Wilayah IX Sulawesi mendukung keinginan masyarakat dan Pemda Raha mengubah status STIP Wuna Raha jadi universitas. Bentuk dukungan itu ditendai rekomendasi yang langsung diteruskan ke Direktorat Pengembangan Kelembagaan.

Hal itu diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Ir Andi Niartiningsih, MP pada Wisuda Sarjana XI bagi 121 alumni STIP Wuna Raha Sulawesi Tenggara, Senin (30/10/2017) di Aula Galampano Kabupaten Muna.

Keberhasilan perguruan tinggi harus didukung sinergitas antara penyelenggara dan pengelola. Kata dia, pengalaman selama menjadi Koordinator Kopertis IX banyak ditemukan persoalan di PTS karena tidak adanya sinergitas didalamnya.

Andi Niartiningsih menekankan, agar mengasah karakter akademik sebab bekal kompetensi seperti IPK 4,0 diperoleh belum bisa, menjadi jaminan kesuksesan, melainkan diikuti dengan mengasah karakter akademik mengikuti perkembangan iptek, imbuhnya.

Keberhasilan perguruan tinggi, tandas Andi Niartiningsih harus didukung sinergitas antara penyelenggara dan pengelola. Pengalaman selama menjadi selaku Koordinator Kopertis IX banyak ditemukan persoalan di PTS karena tidak ada sinergitas didalamnya.

Lebih lanjut, Koordinator Kopertis IX mengingatkan agar dosen melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen tidak hanya mengajar tetapi juga harus melakukan penelitian. Hal ini perlu didukung oleh jabatan fungsional dosen, juga standar Kemenristekdikti.

Para dosen harus mempunyai perhatian penelitian agar tersedia bank proposal sehingga pada saat dibuka penerimaan proposal, maka dosen tinggal mengajukan. Selain itu, perguruan tinggi harus mempunyai unggulan penelitian dan menyusun RIP, menjadi acuan setiap dosen. Ungggulan penelitian tersebut disesuaikan kearifan lokal sehingga bisa membantu daerah, paparnya.

Andi Niar juga mengurai sejumlah standar pemeringkatan perguruan tinggi. Ada beberapa standar dijadikan pemeringkatan. Diantaranya, kualifikasi dosen dan pangkat akademik berperan 12% dalam pemeringkatan, Ketercukupan dosen berperan 18% dimana standar perbandingan dosen dengan mahasiswa berkisar 1: 30 untuk IPA dan 1:45 untuk IPS.

Selanjutnya, akreditasi berperan 30%, kualitas kegiatan kemahasiswaan berperan 10% dimana didalamnya membentuk karakter para mahasiswa, toleransi, serta mengembangkan minat dan bakat kemahasiswaan.

Mengenai reakreditasi institusi, Andi Niar menegaskan, kunci utama akreditasi terletak pada Sistim Penjaminan Mutu (SPM) Perguruan Tinggi. Jika tercipta budaya mutu maka dalam penjaminan mutu, bukan lagi keterpaksaan melainkan karena kebutuhan, tuturnya. (rls)

 

Posting Kopertis Dukung STIP Wuna Jadi Universitas ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Lemkari Juara Kejurnas Karate Piala Bupati Luwu Timur http://expresiku.fajar.co.id/lemkari-juara-kejurnas-karate-piala-bupati-luwu-timur/ Tue, 31 Oct 2017 10:51:00 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3867 EXPRESIKU — Kejuaraan Karate Nasional memperebutkan piala Bupati Luwu Timur, diikuti beberapa perguruan karate yang berasal dari berbagai daerah. Kejuaraan nasional karate Luwu Timur Cup I yang berlangsung 3 hari itu, mulai tanggal 27 oktober 2017 hingga 29 oktober 2017, di Gedung Olah Raga Malili Luwu Timur. Secara keseluruhan kejuaraan karate nasional diikuti Lemkari Sulsel, […]

Posting Lemkari Juara Kejurnas Karate Piala Bupati Luwu Timur ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Kejuaraan Karate Nasional memperebutkan piala Bupati Luwu Timur, diikuti beberapa perguruan karate yang berasal dari berbagai daerah.

Kejuaraan nasional karate Luwu Timur Cup I yang berlangsung 3 hari itu, mulai tanggal 27 oktober 2017 hingga 29 oktober 2017, di Gedung Olah Raga Malili Luwu Timur.

Secara keseluruhan kejuaraan karate nasional diikuti Lemkari Sulsel, Lemkari Sultra, Lemkari Sulbar, Inkado Sulsel, Inkanas Sulsel, Pordibya Sulteng, Inkai Sulsel, Soto Kai Sulbar, dan Gojukai Sulsel.

Keluar sebagai juara 1 umum Inkado Sulsel, juara umum ll dari Lemkari Sulsel, juara lll umum dari Inkanas.

Sedangkan untuk juara 1 kata dan kumité pemula dari Lemkari Sulsel.

Menurut Umar salah seorang pelatih karate yang juga orang tua Alif mengatakan telah jauh hari mempersiapkan tim karate untuk turun bertanding di kejuaran nasional Luwu Timur, sehingga berhasil menybet juara.

“Alhamdulillah, ada beberapa atlit karate yang merebut juara,” tegasnya.(min)

 

Posting Lemkari Juara Kejurnas Karate Piala Bupati Luwu Timur ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Kembali Gelar Makassar Culinary, Dinas Pariwisata Usung “Mesin Waktu” http://expresiku.fajar.co.id/kembali-gelar-makassar-culinary-dinas-pariwisata-usung-mesin-waktu/ Tue, 31 Oct 2017 10:39:13 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3864 EXPRESIKU — Dinas Pariwisata Makassar kembali mepersembahkan Event Makassar Culinary dengan tema “Mesin Waktu”. Acara kali ini akan diadakan di tempat yang berbeda, yaitu di Fort Rotterdam, Sabtu (4/11/2017). Seperti diketahui sebelumnya, acara ini diperuntukkan kepada pelaku UKM kuliner Makassar sebagai wadah bagi mereka memperkenalkan usaha yang bergerak di bidang kuliner. Kepala Seksi Bidang Promosi […]

Posting Kembali Gelar Makassar Culinary, Dinas Pariwisata Usung “Mesin Waktu” ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Dinas Pariwisata Makassar kembali mepersembahkan Event Makassar Culinary dengan tema “Mesin Waktu”. Acara kali ini akan diadakan di tempat yang berbeda, yaitu di Fort Rotterdam, Sabtu (4/11/2017).

Seperti diketahui sebelumnya, acara ini diperuntukkan kepada pelaku UKM kuliner Makassar sebagai wadah bagi mereka memperkenalkan usaha yang bergerak di bidang kuliner.

Kepala Seksi Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata kota Makassar, Irma, mengatakan, dengan tema mesin waktu, masyarakat Makassar akan dimanjakan dengan suguhan kuliner UKM pilihan yang tentunya sangat dinantikan.

“Event ini kan sudah 3 tahun, jadi kami ingin mem-flashback perjalanan kami selama ini tentang kuliner, khususnya UKM di Makassar,” ujarnya, saat konferensi pers di Hotel Aston Makassar, Selasa (31/10/17).

Sebagai sesuatu yang baru dalam acara ini, Event Makassar Culinary menampilkan konten yang mengkombinasikan antara makanan kekinian dengan makanan tempo dulu.

“Jadi kami akan melibatkan UKM yang ada di Makassar, mulai dari pinggir jalan sampai yang memiliki kios. Akan ada berbagai jenis kue khas Makassar juga seperti ‘Baroncong’ dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Acara ini turut bekerja sama dengan beberapa food blogger Makassar, seperti Jajanan Makassar, Enjoy Makassar, Ngemil Lucu, Foodgrapher Makassar, Makassar Eatery, Share Before Eat yang secara tidak langsung berperan penting memperkenalkan sisi pariwisata Kota Makassar. (sul/fajar)

 

Posting Kembali Gelar Makassar Culinary, Dinas Pariwisata Usung “Mesin Waktu” ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Mahasiswa ULM Praktik Kerja Lapangan di UNM http://expresiku.fajar.co.id/mahasiswa-ulm-praktik-kerja-lapangan-di-unm/ Mon, 30 Oct 2017 10:20:58 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3861 EXPRESIKU — Universitas Negeri Makassar ( UNM) menerima rombongan mahasiswa dan dosen Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di UNM, Senin (30/10/2017). Ketua jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR) Sarmidi mengungkapkan, sebanyak 100 orang dari ULM, yang terdiri dari 94 mahasiswa didampingi 6 dosen yang […]

Posting Mahasiswa ULM Praktik Kerja Lapangan di UNM ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Universitas Negeri Makassar ( UNM) menerima rombongan mahasiswa dan dosen Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di UNM, Senin (30/10/2017).

Ketua jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR) Sarmidi mengungkapkan, sebanyak 100 orang dari ULM, yang terdiri dari 94 mahasiswa didampingi 6 dosen yang akan melaksanakan PKL di UNM, mulai hari ini 30 Oktober sampai 1 November 2017.

“Kami ada 100 orang mahasiswa, 94 orang dan dosen pendamping ada 4 orang. Selama beberapa hari di UNM kami rencananya akan mengunjungi beberapa tempat termasuk berdiskusi bersama guru-guru besar di UNM” kata Sarmidi.

Sarmidi berharap kehadirannya di UNM bersam rombongannya, dapat menambah wawasan kepada mahasiswa dalam hal membangun karakter kepemimpinan dan melihat bagaimana atmosfer akademik dan organisasi yang ada di UNM, khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM.

“Memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk mengetahui karakter kepemimpinan, karena diUNM merupakan kampus terbesar di Indonesia Timur,”

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Husain Syam yang turut langsung menerima kehadiran ULM, dalam sambutannya berharap, UNM dan ULM bisa saling bersinergis, sehingga kehadiran ULM di UNM pun bisa menjadi pelajaran untuk UNM.

“Saya berharap tempat ini kita jadikan sebagai bagian untuk menyemangati, berbagai menjadi bagian dari universitas. Kami juga pastinya bisa mengambil pelajaran, sehingga kita sama-sama bisa maju,” Pungkasnya.

Rencananya selama beberapa hari di UNM, rombongan UML, akan mengunjungi beberapa fakultas Fakultas, Unit Kerja Kemahasiswaan (UKM), dan berdiskusi bersama dosen-dosen di UNM. (Rasak)

 

Posting Mahasiswa ULM Praktik Kerja Lapangan di UNM ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Bendahara Yapim Maros Raih Doktor http://expresiku.fajar.co.id/bendahara-yapim-maros-raih-doktor/ Mon, 30 Oct 2017 10:16:34 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3858 EXPRESIKU — Bendahara Yayasan Perguruan Islam Maros (Yapim), H. Syahrir, SE, MM meraih gelar doktor manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) ke-209 pada PPs-UMI Makassar. Gelar itu diraih pada sidang promosi digelar di kampus PPs-UMI Makassar, Senin (30/10/2017) dipimpin Rektor UMI Makassar, Prof Dr. Hj. Masrurah Mokhtar Noerjaya, MA. Turut hadir Ketua Yapim, Dr. H. Ikram […]

Posting Bendahara Yapim Maros Raih Doktor ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Bendahara Yayasan Perguruan Islam Maros (Yapim), H. Syahrir, SE, MM meraih gelar doktor manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) ke-209 pada PPs-UMI Makassar.

Gelar itu diraih pada sidang promosi digelar di kampus PPs-UMI Makassar, Senin (30/10/2017) dipimpin Rektor UMI Makassar, Prof Dr. Hj. Masrurah Mokhtar Noerjaya, MA.

Turut hadir Ketua Yapim, Dr. H. Ikram Idrus, SE,MS, Ketua dan Wakil Ketua STKIP Yapim, Prof. Dr. H. Kaharuddin, M.Hum dan Dr. Ahdan Sinilele, M.Si, Ketua Tim Pembentukan Universitas Muslim Maros (UMMA), Prof .Dr. Zulkifli Syamsir, MM serta para dosen dari
tiga kampus itu dan pengurus Yapim lainnya.

Penulisan disertasi berjudul, Pengaruh Komunikasi, Tata Kelola dan Kemampuan Keuangan Terhadap Kualitas Layanan dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta se-Kota Makassar.

H Syahrir dibimbing promotor, Prof Dr.H. Murdifin Haming, SE, M.Si, Ph.D dengan Ko-Promotor, Dr. H. Zaiuddin Rahman, SE, M.Si dan Dr. Junaidin Zakaria, SE, M.Si, dosen penguji, Prof Dr. Idayanti Nursyamsi, SE, M.Si; Prof Dr.Salim Basalamah, SE, M.Si; Prof Dr.Roslina Alam, SE, M.Si, Dr. Mahmuddin, MT.

Simpulan`dari disertasinya, secara langsung komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan PTS. Intensitas hubungan komunikasi antara dosen baik dengan mahasiswa ataupun antar dosen dan para staf telah diaplikasikan dengan baik untuk meningkatkan kualitas layanan PTS, katanya.

Tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan PTS. Sistem manajemen PTS telah terselenggara dengan baik sesuai dengan visi dan misi PTS, yang memberikan pengaruh terhadap kualitas layanan PTS, tegasnya.

Syahrir lahir di Bira Bulukumba, 9 Januari 1972. Tamat SD 1984, MTs 1987, SMA PGRI 1990. D3 Akperda Yapim 1994, S1 Manajemen STIM Yapim, 1999, S2 Manajemen SDM, PPs-STIEM Patria Artha 2006.

Jenjang karier, Bendahara Yapim 1992-2002. Wakil Ketua II STIM Yapim dua periode, 2002-2004 dan 2006-2010. Bendahara Yapim 2010-2017.

Dosen Tetap Yayasan STIM Yapim ini juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun 2008 melakukan penelitian, Pengaruh PBB Terhadap Peningkatan PAD Kabupaten Maros.

Ketua Yapim, Ikram Idrus usai promosi kepada media menegaskan, doktor baru kampus Syahrir memperkuat sumber daya dosen di kampus dan akan memberi nilai tawar dan nilai tambah bagi proses pembelajaran di kampus, tegas salah seorang calon Rektor Unhas ini. (rls)

 

Posting Bendahara Yapim Maros Raih Doktor ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Jangan Mau Jadi Budak Teknologi! http://expresiku.fajar.co.id/jangan-mau-jadi-budak-teknologi/ Mon, 30 Oct 2017 10:13:17 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3855 EXPRESIKU — Pemuda hari ini memiliki tantangan tersendiri. Sekarang zamannya serba modern dan canggih. Serba gadget. Jangan sampai pemuda menjadi budak teknologi. Teknologi hendaknya bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang baik. Terutama dalam upaya menyejahterakan seluruh rakyat dan memajukan bangsa. Janganlah menjadi generasi yang lembek dan manja, hanya karena teknologi canggih. Sebaliknya, harus semakin […]

Posting Jangan Mau Jadi Budak Teknologi! ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Pemuda hari ini memiliki tantangan tersendiri. Sekarang zamannya serba modern dan canggih. Serba gadget. Jangan sampai pemuda menjadi budak teknologi.

Teknologi hendaknya bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang baik. Terutama dalam upaya menyejahterakan seluruh rakyat dan memajukan bangsa.

Janganlah menjadi generasi yang lembek dan manja, hanya karena teknologi canggih. Sebaliknya, harus semakin cerdas dan pandai melihat peluang menuju kemajuan.

Pesan bijak bagi generasi muda itu disampaikan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono ketika diwawancarai usai dijamu sarapan pagi oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di rumah jabatan, Jumat (27/10).

Pria yang akrab disapa AHY itu secara khusus hadir di Makassar untuk bersama-sama memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober di Pantai Losari Makassar.

Dijelaskan AHY, jika berbicara soal pemuda, ada banyak yang harus dipersiapkan untuk menjadi generasi berkualitas. Apalagi, tantangan abad 21 semakin nyata di depan mata. “Karena itu, kita harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ujar AHY.

Dia menegaskan, anak muda adalah kekuatan. Dengan kreatifitas dan energi positif yang dimiliki, seharusnya bisa menjadi bagian dari para pemimpin dan generasi pendahulu dalam memajukan bangsa dan negara semakin baik ke depan.

Dari rujab gubernur, AHY yang datang ke Makassar didampingi istrinya Annisa Pohan, kemudian menghadiri dialog pemuda yang digelar Komite Nasional Indonesia (KNPI) Sulsel di Benteng Rotterdam.

Di depan para peserta dialog, AHY menegaskan, generasi muda merupakan kekuatan dan energi positif. Karena itu, pemuda dituntut agar dapat tampil untuk melihat seperti apa nantinya masa depan bangsa.

“Kalau anak muda kita cerdas dan unggul, maka akan menjadi kekuatan. Tapi bila selalu berpikiran negatif, maka akan mendatangkan malapetaka bagi orang banyak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, putra sulung Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini mengajak para generasi muda dapat bersatu dalam menjaga negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). “Kita harus bersatu padu. Sebab dengan persatuan, bangsa ini akan terhindar dari perpecahan atau terpecah belah,” tandasnya.

Bersatunya anak muda se-nusantara, kata mantan calon gubernur DKI Jakarta ini, maka akan melahirkan kembali semangat pemuda seperti yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Ketua KNPI Sulsel Imran Eka Saputra menegaskan, pemuda di daerah ini harus lebih mengutamakan pengembangan ide dan gagasan. Bukan hanya mampu mengkritik, tapi juga bisa mengimput dan memberikan masukan serta saran kepada pemerintah dalam kerangka kemitraan.

”Di era millenial dan teknologi saat ini, pemuda harus hadir sebagai solusi dan memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” ujar Imran yang dihubungi malam tadi.

Sebagai lembaga pengkaderan, KNPI menjadi sebuah laboratorium bagi pemuda untuk dididik menjadi organisatoris. Mereka yang telah menjadi alumni lembaga ini tidak lagi diragukan kekaderannya. Terutama ketika memasuki ruang-ruang politik.

Imran menaruh harapan besar kepada senior-seniornya telah terjun ke dunia politik agar lebih mengutamakan nilai-nilai serta gagasan. Bukan sistem politik yang cenderung transaksional.

Pemuda hendaknya lebih mengedepankan nilai-nilai budaya, agama dan Pancasila. Sebab hal ini dapat memfilter arus liberalisasi yang semakin kencang. (rhm/rus)

 

Posting Jangan Mau Jadi Budak Teknologi! ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
Makna Bulan Bahasa di Mata Duta Baca Indonesia http://expresiku.fajar.co.id/begini-makna-bulan-bahasa-di-mata-duta-baca-indonesia/ Mon, 30 Oct 2017 10:07:44 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3851 EXPRESIKU — Peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928 merupakan momentum penting persatuan nasional. Peristiwa ini juga dikenal sebagai konsensus terpenting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Kala itu pemuda Indonesia, dengan segala keterbatasan yang ada, menggunakan dengan cakap dan bermutu tinggi kemampuan literasinya, membahas langkah-langkah strategis demi terlepas dari kungkungan kolonialisme Belanda. Hal […]

Posting Makna Bulan Bahasa di Mata Duta Baca Indonesia ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928 merupakan momentum penting persatuan nasional. Peristiwa ini juga dikenal sebagai konsensus terpenting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Kala itu pemuda Indonesia, dengan segala keterbatasan yang ada, menggunakan dengan cakap dan bermutu tinggi kemampuan literasinya, membahas langkah-langkah strategis demi terlepas dari kungkungan kolonialisme Belanda.

Hal itu diungkapkan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, dalam puncak peringatan bulan bahasa dan sastra 2017 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, beberapa waktu lalu. “Sangat tepat membicarakan soal literasi di tengah perayaan Sumpah Pemuda,” ujar Najwa.

Refleksi yang ditulisnya sendiri berjudul “Sumpah Literasi Anak Muda” itu dibacakan di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy beserta jajarannya, dan seluruh undangan yang hadir. Najwa menyebut, para pemuda yang berkumpul dalam peristiwa Sumpah Pemuda itu mampu memanfaatkan setiap serpihan informasi yang mereka peroleh untuk membaca gerak sejarah dunia dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk kepentingan pergerakan nasional.

Menurut Najwa, perlawanan terhadap kolonialisme saat itu sangat berbeda dengan perlawanan pahlawan Indonesia sebelumnya yang menggunakan senjata. “Yang paling membedakan adalah metodenya. Kolonialisme tidak semata-mata hanya dihadapkan pada senjata, melainkan dengan cara-cara modern: organisasi, surat kabar, hingga diskusi dan rapat-rapat akbar. Ini semua terjadi karena pendidikan,” ujarnya.

Diakuinya, literasi pada akhirnya memainkan peran yang sangat mendasar dalam proses dekolonisasi Belanda di tanah air. Saat itu tidak banyak pemuda yang berani memilih untuk bergabung pada organisasi pergerakan. “Jadi mereka adalah orang-orang pilihan atau dipilih oleh sejarah untuk terlibat aktif membebaskan tanah airnya dari kolonialisme,” tuturnya lagi.

Najwa menilai, tidak hanya melek literasi, para pemuda saat itu adalah generasi yang jauh dari kata “cupet”. Dengan keterbatasan teknologi ketika itu mereka berjejaring dengan kolega-koleganya dari negara terjajah. Satu sama lain berbagi informasi dan analisis melalui korespondensi melalui artikel, sekaligus berbagi solidaritas dengan terlibat pada berbagai jaringan internasional. Mereka tidak pernah membatasi pergaulan. Mereka menyadari, kolonialisme tidak identik dengan ras ataupun suku. Perjuangan pun harus dilakukan dengan berjejaring bersama siapapun yang mau berbagi solidaritas.

“Ini adalah pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari peristiwa Sumpah Pemuda. Semoga hal ini dapat menginspirasi kita semua bahwa literasi adalah hal yang sangat penting bagi masa depan bangsa. Tugas kita bersama hari ini dan hari-hari ke depan adalah memastikan bahwa literasi pulalah yang akan membimbing bangsa ini menyongsong masa depan yang lebih baik,”ungkapnya. (pp)

 

Posting Makna Bulan Bahasa di Mata Duta Baca Indonesia ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
P3G UNM Adakan Rapat Koordinasi Internal http://expresiku.fajar.co.id/p3g-unm-adakan-rapat-koordinasi-internal/ Mon, 30 Oct 2017 10:02:25 +0000 http://expresiku.fajar.co.id/?p=3848 EXPRESIKU — Penanggungjawab pengelolaan Program Pendidikan Profesi Guru (P3G), Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melangsungkan Rapat Koordinasi Internal bersama dengan beberapa universitas yang menjadi Subrayon pelaksana P3G di gedung Menara Pinisi UNM. Ada empat Subrayon yang menjadi pelaksana kegiatan P3G yaitu Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tadulako, Universitas Haluleo, Universitas Muhammadiyah Makassar. Direktur P3G Prof. Ramli […]

Posting P3G UNM Adakan Rapat Koordinasi Internal ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>
EXPRESIKU — Penanggungjawab pengelolaan Program Pendidikan Profesi Guru (P3G), Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melangsungkan Rapat Koordinasi Internal bersama dengan beberapa universitas yang menjadi Subrayon pelaksana P3G di gedung Menara Pinisi UNM.

Ada empat Subrayon yang menjadi pelaksana kegiatan P3G yaitu Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tadulako, Universitas Haluleo, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Direktur P3G Prof. Ramli Umar mengutarakan, kegiatan tersebut merupakan forum komunikasi antara rayon dan Subrayon pelaksanaan PLPG agar dalam pelaksanaannya terbangun koordinasi sehingga sesuai dengan petunjuk teknis dan standar yang pelaksanaan.

“Supaya sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan PLPG, dan mereka memiliki persepsi yang sama dan melaksanakan PLPG di lapangan,” ungkap Prof Ramli.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof. Husain Syam selaku ketua Rayon dalam sambutannya mengatakan, dari forum ini terbangun komunikasi yang efektif, sehingga berbagai kendala yang ditemui dilapangan bisa selasaikan.

“Disesuaikan dengan kesepakatan, berbagai kendala dan masalah yang dihadapi, sehingga dari forum ini mampu menghasilkan solusi yang ditemui,” tandasnya. (rls)

 

Posting P3G UNM Adakan Rapat Koordinasi Internal ditampilkan lebih awal di Hacked by TryDee.

]]>