ENJ UNM 2017 Hadirkan Taman Baca di Pulau Jampea – Expresiku
Community

ENJ UNM 2017 Hadirkan Taman Baca di Pulau Jampea

EXPRESIKU — Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Negeri Makassar(ENJ UNM 2017) yang berlangsung di Pulau Jampea, Desa Kembang Ragi, Selayar dari 11-22 September 2017. Dalam kesempatan ini salah satu program kerja dari tim ENJ UNM 2017 adalah pengadaan taman baca.

Hal tersebut mendapat respons positif dari pihak pemerintah setempat, tokoh, guru dan masyarakat sekitar. Ini adalah gebrakan baru untuk Jampea, dengan keterbatasan minat baca yang rendah membuat tim ENJ UNM lebih bersemangat untuk mempercepat pembangun taman baca tersebut agar ada rangsangan stimulus untuk menggairahkan minat baca para peserta didik dan masyarakat setempat.

“Ini membuat kami lebih bersemangat melihat antusias adik-adik dan masyarakat setempat. Dan, semoga taman baca Jampea ini bermanfaat untuk kemajuan minat baca di daerah tersebut,” tutur Ramli salah satu delegasi ENJ UNM 2017, yang juga merupakan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar 2017.

Ditambahkan Muhammad Rizky, yang juga mahasiswa Psikologi UNM agar program tersebut meningkatnya budaya literasi dan mencerdaskan para generasi penerus bangsa di pulau Jampea.

Untuk mematangkan konsep taman baca Jampea ini serta membangun struktural telah terlaksananya rapat koordinasi antara delegasi ENJ UNM 2017 dan guru-guru serta masyarakat di Balai Desa Kembang Ragi, tepatnya pada 20 September 2017.

Adapun, hasil rapat tersebut menghasilkan beberapa poin di antaranya lokasi taman baca saat ini berlokasi di TPA Kembang Ragi, susunan struktural pengurus dan namanya adalah “Taman Baca Jampea”.

“Besar harapan taman baca ini ke depannya bukan hanya nama, tempat, dan media saja tapi taman baca ini bisa menjadi wadah yang sangat besar untuk dapat menimba ilmu yang sangat luas. Dan, juga mencatatkan sejarah taman baca pertama di Jampea. Semoga harapan itu dapat terjuwud untuk progres 1000 buku untuk taman baca Jampea ini,” ungkap Marsuki yang berprofesi sebagai guru SMKN 4 Selayar dan juga Wakasek Kesiswaan. (rls)

 

PALING POPULER

To Top