Berkat Green House dan Bank Sampah, Enam Sekolah Bawa Pulang Piala – Expresiku
Prestasi

Berkat Green House dan Bank Sampah, Enam Sekolah Bawa Pulang Piala

SD Tanggul Patompo meraih Piala Adiwiyata Mandiri.

EXPRESIKU — Ada enam sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat Kota Makassar. Salah satunya SDN Tanggul Patompo I.

Taman green house dengan tumbuhan yang diberikan pot dari bahan daur ulang sampah yang terpajang dari pintu masuk halaman sekolah, hingga ke depan kelas terlihat menghiasi SDN Tanggul Patompo I, Selasa (19/9/2017).

Ditambah dengan tempat sampah yang terbagi antara sampah kering, botol, dan daun terlihat berjejer rapi menambah keindahan sekolah.

Kepala Sekolah SDN Tanggul Patompo I, Sijaya mengatakan, banyak hal yang dinilai dalam pemberian adiwiyata mandiri selain inovasi dari sekolah, kebersihan lingkungan sekolah, fasilitas yang ada di sekolah seperti green house, bank sampah dan karya-karya desain daur ulang limbah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Tak hanya itu, yang tetap perlu diperhatikan dan paling penting adalah kesadaran anak-anak terhadap pembiasaan untuk sadar akan kebersihan.

“Biar setengah mati kita programkan namun anak-anak tidak punya kesadaraan dan binaannya kurang, maka keberhasilan untuk meraih adiwiyata mandiri itu sulit,” tuturnya.

Guru sekaligus ketua tim adiwiyata mandiri SDN Tanggul Patompo 1, Fajriah Sari mengatakan berkat kegigihan guru-guru dan siswa yang terbagi atas 12 kelas serta kerja sama antara orang tua siswa menjadikan SDN Tanggul Patompo I meraih Piala Adiwiyata Mandiri Kota Makassar 2017.

Siswa diajarkan bagaimana sampah yang bisa didaur ulang seperti botol dan kertas-kertas. Apabila tidak bisa didaur ulang, maka dimasukkan di bank sampah kemudian hasil dari penjualan buku dan botol tersebut tabungan oleh masing-masing kelas. Tabungan tersebut digunakan siswa memberikan reward atau hadiah kepada siswa yang berprestasi di dalam kelasnya sehingga mereka tetap termotivasi.

“Program seperti inilah yang kita kirimkan file, cerita, dan gambarnya ke pada pihak adiwiyata mandiri dan alhamdulillah berhasil,” ucapnya kepada FAJAR ONLINE.COM.

Tak hanya itu, SDN Tanggul Patompo I juga memiliki binaan dan mengajarkan kepada beberapa sekolah untuk green house dan bank sampah ada 10 sekolah yang menjadi binaan SDN Tanggul Patompo I.

Sekolah-sekolah tersebut yakni SD Cenderawasih 1, SD parang, SD Mamajang 2, SD sudirman 3, SD tunas karya, SD Baraya 1, SD layang tua 1, SD Layang tua 2 dan SDN baddong 2.Sekolah tersebut juga menjadi peserta Adiwiyata Mandiri.(Wis)

 

PALING POPULER

To Top