Berbagai "Ritual" Selama SECRET - Expresiku
Event

Berbagai “Ritual” Selama SECRET

ritual

Makassar—Tidak terasa hari ini (06/05) sudah hari ketiga SECRET berlangsung di SMAN 10 Makassar, pastinya para sobat SECRET sekalian makin semangat dong dalam mengikuti ajang lomba tahun ini. Kali ini kita akan mengupas beberapa hal menarik mengenai SECRET tahun ini, Yuk kita ungkap ritual unik para sobat SECRET saat berlomba!

Nah, ritual pertama berupa senam dan teriakan pagi hari dikisahkan oleh Lucky, sobat SECRET dari kontingen PMR Unit 205 SMAN 5 Makassar. Sejuknya udara pagi mereka manfaatkan untuk senam bersama sekolah sesama binaan mereka yaitu SMAN 21 Makassar dan SMPN 8 Makassar.

“Tiap subuh kita sudah berkumpul untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah, setelah itu kita berbaris rapi di lapangan untuk pemanasan dan senam pagi serta keliling lapangan sebanyak 3-5 kali, kemudian kita bersorak bersama mengucapkan “Selamat pagi dunia!”. Kita juga biasa mengadakan games untuk refreshing dan bersenang-senang,” ujar peserta lomba pidato yang gemar ber-public speaking itu.

Lain halnya dengan peserta sebelumnya, ketua umum PMR unit 215 SMAN 17 Makassar mengungkapkan bahwa mereka tidak melaksankan senam pagi. Namun memiliki kebiasaan bangun pagi dan langsung memasak serta mandi. Kontingen ini juga selalu melaksanakan doa bersama serta briefing di malam hari sambil berdiri di tengah-tengah tiang bendera agar tidak mengantuk.

“Biasanya setelah seluruh lomba pada hari itu telah selesai, sekitar jam 1 sampai 2 dini hari kami biasanya mengadakan briefing dan berdoa sambil berdiri di depan tiang bendera, aneh memang, tapi ini supaya kami tidak mengantuk saat briefing, begitulah kami, santai tapi tetap serius, kami sederhana tapi kesederhanaan itulah yang membuat kami luar biasa,” ungkap Balya.

Tak mau kalah dengan pesertanya, panitia pelaksana SECRET tahun ini juga mengaku memiliki hal-hal yang perlu dilakukan tiap harinya. Tiap pagi mereka giat membersihkan area perkemahan secara serentak dan akan menyebar saat usai melakukannya. Pada malam hari setelah rundown acara mereka terselesaikan, panitia akan kembali berkumpul untuk briefing di Aula SMAN 10 Makassar. Tak jarang setelah semua kesibukan itu, panitia hanya dapat waktu tidur 2 hingga 3 jam perharinya.

“Kegiatan senam pagi dan keliling lapangan yang dilakukan oleh beberapa kontingen itu sangat kami hargai, mungkin tujuannya agar dikenal dan bisa dijadikan inspirasi oleh sekolah lain. Sedangkan panitia biasanya membersihkan area perkemahan dan kalau malam setelah selesai rangkaian lomba hari ini langsung briefing dan istirahat dan bangun sebelum shalat subuh,” ujar Rizal, ketua umum PMR Unit 210 SMAN 10 Makassar. (SMAN 17 Makassar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top