Ayo Menjadi Wirausahawan! – Expresiku
Junior Citizen

Ayo Menjadi Wirausahawan!

EXPRESIKU — Pemerintah Kota Parepare menggelar pembinaan keterampilan kerja DBH – CHT tgl 24-25 Oktober 2017 di Restaurant Dinasty Kota Parepare.

Dalam sambutan DR.H.M.TAUFAN PAWE, SH.,MH (Walikota Parepare) yg dibacakan oleh Plt.Sekda Kota Parepare H.Iwan Asaad AP., M.Si menyatakan kegiatan ini merupakan peran aktif Pemerintah menumbuhkan semangat wirausaha.

Saya sangat mengapresiasi tema kegiatan pada hari ini yakni “ Ayo Menjadi Wirausahawan (Lets To Be Entrepreneur)”. Tema ini sangat tepat dalam rangka mendorong dan memotivasi masyarakat menjadi wirausahawan sehingga dapat berdampak pada peningkatan kehidupan mereka.

Olehnya itu, Pemerintah Kota Parepare terus menumbuhkembangkan wirausahawan dengan memberikan perhatian dan kepedulian besar kepada pelaku UMKM. Dalam upaya mengoptimalkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, maka para pelaku UKM ini harus terus diberdayakan.

Pemerintah Kota Parepare juga mendorong wirausahawan muda meningkatkan kemampuanya dan peran sertanya dalam membangun perekonomian di Kota Parepare melalui kreatifitas dan inovasi dalam berusaha. Wirausahawan muda adalah cikal bakal motor penggerak ekonomi daerah. Pengembangan usaha yang dilakukan para wirausahawan muda berperan penting dalam meningkatkan kehidupan perekonomian di Kota Parepare.

Peran wirausahawan dalam peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat memiliki dampak yang sangat signifikan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya PDRB perkapita masyarakat setiap tahunnya. Bila kita melihat PDRB per kapita masyarakat Parepare tahun 2015 lalu berhasil mencapai Rp 36,48 juta per orang per tahun dan kemudian di tahun 2016 meningkat menjadi Rp 39,48 juta.

Pendapatan Asli Daerah juga terus mengalami peningkatan dimana pada tahun 2016, berhasil mencapai Rp.136,48 Milyar. Capaian ini meningkat Rp 21,11 Milyar atau 18,29 % dibanding capaian PAD tahun 2015 sebesar Rp 115,37 miliar. Pada tahun 2017, target PAD kembali dinaikkan menjadi Rp 140 Milyar lebih.
Kegiatan let’s to be entrepreneur ini berlangsung 2 hari.Dihadiri juga oleh Kepala Bagian Ekonomi Setdako Parepare, Hj Sulaecha.

Rudy M, SS., M.Ec.Dev, jajaran pemerintah kota Pare-pare dan kurang lebih 150 UKM kota pare pare.
Pada hari pertama tampil pemateri ; Kepala Bappeda, Rusdi Hidayat Jufri, ST., MPM (Presiden Genpro, CEO PT. Lingkar Teknik, CEO PT. Masagena Distribusi Indonesia), Suryani (Founder Sosis Bakar1435, Karya Las dan Kusen), dan Manggazali (Diangga Baby Meal).

Hari kedua kegiatan let’s to be enterpreneur, sedikit sharing dari ibu Hj. Erna Rasyid Taufan.SE, Mpd(Ketua Dekranasda Kota Parepare) mengatakan siap membantu memasarkan produk UKM daerah di beberapa tempat di Jakarta.

Sementara pembicara lainnya Isma Azis Riu (Owner Dapur Bunda, Villa Malino, Ketua CCBC) menyampaikan media sosial jangan hanya dipakai untuk selfi2, kepo berita2 GOSIP, akan tetapi medsos bisa bernilai ekonomis. Kebiasaan makan yg sering di upload rupanya menjadi pintu awal beliau berjualan di medsos. Ia jg menambahkan komunitas sangat berperan dalam mengembangkan bisnis.

Indra Sakti selaku owner mammiri industries & printing menerangkan usaha konveksi yg dojalankannya selama 10 tahun, beliau memilih teknik pemasaran nya dg menunggu pesanan.

Lain halnya dg pak Abdul Wahab yg mengaku beliau adalah start up. Beliau menjelaskan putusan keluar dari zona nyaman sebagai manajer KFC adalah momentum memasuki dunia wirausaha dg membuka Rumah Bumbu Ratna yg saat ini telah memiliki 12 varian bumbu khas sulawesi. Bumbu Ratna telah sampai di Chicago USA kata pria yg tdk takut berbagi pengetahuan ttg usahanya.

Rijal Madani selaku Ketua komunitas Tangan Di Atas (TDA) Parepare mengapresiasi keg.bagian ekonomi setdako. Beliau menyampaikan wirausahawan jgn pernah berhenti belajar. Ia jg menjelaskan ada 2 mindset yg dimiliki seseorang; mindset yg stagnan, mindset yg bertumbuh, maka wirausahawan harus memiliki mindset bertumbuh kata pria yg sering disapa dg sebutan om oleh rekan2nya.

Salam
Isma Azis Riu

PALING POPULER

To Top