Education

Ada Kabar Gembira untuk Lulusan SMK Pariwisata

Expresiku, BATAM – Kesempatan menarik bagi para lulusan SMK Pariwisata. Tahun ini, ada enam juta SDM lulusan SMK Pariwisata yang dibutuhkan untuk direkrut industri pariwisata. Bahkan pemerintah menargetkan 13 juta lulusan SMK Pariwisata yang terserap hingga 2019.

“Ini peluang bagi SMK Pariwisata di seluruh Indonesia. Ada jutaan lapangan pekerjaan yang diperuntukkan bagi lulusan SMK Pariwisata,” ka‎ta Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (BPKK) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ahman Sya, Kamis (31/3).

Meski membutuhkan tenaga kerja lebih banyak dari lulusan SMK, namun ada syarat yang harus dimiliki. Yaitu punya kemampuan berbahasa Inggris, menguasai IT, dan memiliki sertifikasi kompetensi ASEAN.

“Hingga 2019, target kami 13 juta lulusan SMK Pariwisata bisa terserah di industri pariwisata. Itu sebabnya, para kepala sekolah harus bisa menerapkan kurikulum berbasis kompetensi. Bekali anak didiknya dengan IT, bahasa Inggris, manajerial. Jangan luluskan siswa yang tidak memiliki itu karena akan memalukan SDM Pariwisata kita sendiri,” tegasnya. (esy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PALING POPULER

To Top